Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Rudal di Ukraina hingga Rusia Tolak Perdamaian

30 Desember 2022, 12:23 WIB

Konflik antara Rusia dan Ukraina memasuki hari ke-309 pada Kamis (29/12/2022). Konflik ini berlanjut dengan serangan rudal Rusia di Ukraina hingga Belarus menjatuhkan rudal S-300 Ukraina.

Ukraina dihantam serangan rudal Rusia dalam skala masif pada Kamis (29/12/2022). Serangan rudal itu menghantam sejumlah kota seperti Kyiv, Mykolaiv, hingga Lviv. Menurut Penasihat Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, ada lebih dari 120 rudal yang ditembakkan ke permukiman penduduk dan infrastruktur sipil.

Kremlin menyatakan menolak rencana perdamaian dengan Ukraina yang diajukan Presiden Volodymir Zelensky. Alih-alih melakukan negosiasi, mereka justru menuntut Kyiv untuk menerima aneksasi empat wilayah di Ukraina, yakni Luhansk, Donetsk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia melaporkan ada hampir 7.000 warga sipil Ukraina tewas dalam perang dengan Rusia. Dari 6.884 warga sipil yang tewas, 2.719 berjenis kelamin laki-laki, 1.832 perempuan, serta 391 anak-anak.

Belarus berhasil menjatuhkan rudal S-300 Ukraina pada Kamis 29 Desember 2022 di Kota Brest, Belarus atau sekitar 15 kilometer dari perbatasan Ukraina. S-300 adalah sistem pertahanan udara era Uni Soviet yang masih digunakan oleh Rusia dan Ukraina.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Danur Lambang Pristiandaru, Tito Hilmawan Reditya, Aditya Jaya Iswara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Michaela Winda Saputra

Video Editor: Michaela Winda Saputra

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: The Sewars - Jeremy Korpas/ Wolf Mother - Loopop

#Rusia #Ukraina #JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke