Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2022: 11 Bulan Perjalanan Invasi Rusia - Ukraina, Putin Siap Akhiri Perang

30 Desember 2022, 07:04 WIB

Sebelas bulan sudah konflik antara Rusia dan Ukraina telah berlangsung. Presiden Rusia Vladimir Putin berulang kali menyerang kota-kota sentral Ukraina sejak tokoh yang berusia 70 tahun tersebut mengumumkan perang pada Februari 2022.

Akibat keputusan yang diambil oleh Putin, Rusia dihujani sanksi oleh negara-negara yang menentang perang. Yakni Amerika Serikat, Uni Eropa Britania Raya, hingga Kanada. Sanksi tersebut berkisar dari larangan perbankan dan investasi hingga pembekuan aset terhadap para pemimpin Rusia.

Tiga bulan berselang, Rusia makin gencar melepaskan serangan ke Ukraina. Tepat 6 Mei 2022, Rusia menyerang pabrik baja Azovstal di di Mariupol, Ukraina. Pertempuran tersebut dilaporkan komandan kelompok milisi Batalion Azov, dalam pesan video yang diunggah di Telegram, Rabu (4/5/2022).

Pada Desember 2022, Putin menyatakan siap mengakhiri invasi yang dilakukan Rusia kepada Ukraina. Pernyataan itu ia buat usai Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi AS dan disambut oleh Presiden AS Joe Biden.

Selain itu, Putin juga menyerukan solusi diplomatik dengan menyatakan bahwa semua konflik bersenjata pasti berakhir melalui jalur diplomasi atau negosiasi. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak video berikut tentang rangkuman invasi Rusia ke Ukraina selama 11 bulan.

Penulis Naskah: Firda Rahmawan

Host: Talitha Yumnaa

Video Editor: Abdul Azis

Produser: Elizabeth Prillia Yahya Carvallo

Musik : Alpha Mission - Jimena Contreras, Goddess of the Sea - Jimena Contreras, Restless Natives - Doug Maxwell_Media Right Productions, Rise - HOVATOFF, Subterranean Monster - Sir Cubworth

#JernihkanHarapan #Rusia #Ukraina

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke