Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romo Nasib Suroto, Perwira TNI yang Juga Seorang Pastor Militer

25 Desember 2022, 15:40 WIB

Umumnya, seorang pastor menghabiskan waktunya untuk pelayanan umat di gereja. Namun ada kisah yang berbeda pada sosok Romo Nasib Suroto. Sebab selain sebagai pastor pemuka jemaat Katolik, ia juga seorang perwira TNI yang menjadi pengajar di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta.

Nasib Suroto merupakan perwira rohani sekaligus pengajar agama Katolik bagi taruna Akademi Angkatan Udara. Perjalanan kariernya sebagai pastor TNI dimulai setelah ditasbihkan sebagai imam pada tahun 2016. Atas izin Keuskupan Malang, tahun 2018 Nasib Suroto mengajukan diri untuk menjalani pendidikan perwira karier. Kemudian pada tahun 2019, ia resmi menjadi pengajar di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta sembari tetap menjalankan amanah sebagai pastor memimpin di Gereja Katolik.

Untuk saat ini, Nasib Suroto menjabat sebagai pejabat sementara Kepala Urusan Mental dan Ideologi di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta. Ia merupakan orang kedua yang menjadi pastor sekaligus prajurit TNI setelah sebelumnya ada Romo Yos Bintoro yang bertugas di Gereja Santo Mikael Lanud Adisucipto. Sebagai seorang pastor di lingkungan militer, Nasib Suroto berharap Hari Raya Natal mampu membentuk karakter prajurit agar piawai dalam mengembankan talenta yang dimiliki.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Adesari Aviningtyas

Video Editor: Farah Chaerunniza

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Peaceful Beach (feat. Folk Physics) - Mike Block

#Natal2022 #TNI #PastorMiliter #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke