Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Soroti Konflik Rusia-Ukraina Saat Pimpin Misa Natal 2022

25 Desember 2022, 12:52 WIB

Paus Fransiskus memimpin umat Katolik dunia saat melakukan misa Natal yang digelar di Vatikan, Sabtu (24/12/2022). Dia, merujuk pada perang di Ukraina dan konflik lain, menyebut bahwa tingkat keserakahan dan kelaparan akan kekuasaan sedemikian rupa sehingga beberapa orang ingin melibas tetangganya sekalipun. Dilansir Reuters, Paus Fransiskus, merayakan Natal ke-10 masa kepausannya, memimpin Misa Malam Natal yang khidmat di Basilika Santo Petrus.

Peristiwa tersebut merupakan misa yang pertama dengan kapasitas sekitar 7.000 orang setelah beberapa tahun kehadiran terbatas karena Covid-19. Sekitar 4.000 orang lainnya berpartisipasi di luar Lapangan Santo Petrus pada malam yang relatif hangat. Seperti yang telah terjadi selama beberapa bulan terakhir, penyakit lutut membuat Paus tidak dapat berdiri dalam waktu lama. Dia mendelegasikan seorang kardinal untuk menjadi selebran utama di altar gereja terbesar di susunan Kristen.

Duduk di sisi altar untuk sebagian besar Misa, Paus Fransiskus merangkai homilinya dengan tema keserakahan dan konsumsi pada berbagai tingkatan, meminta orang untuk menyadari konsumerisme, menemukan kembali maknanya, dan mengingat penderitaan perang dan kemiskinan.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Tito Hilmawan Reditya

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Farah Chaerunniza

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Frozen Skyline feat. Folk Physics - Mike Block

#Natal2022 #PausFransiskus #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke