Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Mahkota Ingin Keraton Solo Direvitalisasi, Gibran Minta Konflik Internal Diselesaikan Dulu

25 Desember 2022, 10:27 WIB

Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Purbaya mengungkapkan keinginannya agar Keraton Surakarta direvitalisasi. Seperti diketahui, Keraton Kasunanan Surakarta merupakan bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah.

Menurutnya, Keraton Surakarta mengalami sejumlah kerusakan karena termakan usia. KGPH Purbaya meminta bantuan kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. "Saya harap juga secara pribadi juga Keraton juga bisa dipugar atau dibantu oleh Mas Gibran. Untuk dipercantik lah, karena juga mau bagaimana pun juga Keraton juga ikon Kota Solo," kata KGPH Purbaya, saat melihat revitalisasi Puro Mangkunegaran, Jumat (23/12/2022), malam.

Sementara itu, mengetahui adanya permintaan langsung dari Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengaku akan melakukannya. "(Revitalisasi) pasti ya, kita tugasnya membangun. Kita ini tukang," kata Gibran, saat di Pura Mangkunegaran, Jumat (23/12/2022).

Meskipun berjanji akan mengusahakan revitalisasi, Gibran belum bisa memastikan kapan revitalisasi akan dilaksanakan. Di sisi lain, soal pelaksanaan revitalisasi, Gibran mengaku memberikan syarat, antara lain penyelesaian konflik internal.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati

Penulis: Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Abdul Azis

Produser: Okky Mahdi Yasser

Music: Chasing Time - SYBS

#KonflikKeratonSolo #KeratonSolo #Gibran #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke