Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Uji Tahap Akhir Pengembangan Satelit Mata-mata, Selesai pada April 2023

19 Desember 2022, 19:47 WIB

Media pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan pada Senin (19/12/2022) bahwa Korea Utara telah melakukan uji coba "tahap akhir yang penting" pada Minggu (18/12/2022) untuk pengembangan satelit mata-mata, yang akan diselesaikan pada April 2023.

Laporan itu dirilis sehari setelah militer Korea Selatan dan Jepang melaporkan peluncuran dua rudal balistik jarak menengah Korea Utara yang terisolasi menuju pantai timurnya. Menurut KCNA, Administrasi Pengembangan Dirgantara Nasional (NADA) Korea Utara melakukan tes di stasiun peluncuran satelit Sohae di barat laut untuk meninjau kemampuan pencitraan satelit, transmisi data, dan sistem kontrol darat.

Sebuah kendaraan yang membawa satelit tiruan, yang juga mencakup banyak kamera, pemancar dan penerima gambar, perangkat kontrol, dan baterai penyimpanan, ditembakkan pada "sudut loft" 500 km (311 mil).

"Kami mengonfirmasi indikator teknis penting seperti teknologi pengoperasian kamera di lingkungan luar angkasa, pemrosesan data dan kemampuan transmisi perangkat komunikasi, akurasi pelacakan dan kontrol sistem kontrol darat," kata juru bicara NADA, diberitakan KCNA. Juru bicara itu menyebut tes tersebut sebagai proses rangkaian terakhir peluncuran satelit pengintaian yang akan selesai pada April tahun depan.

Simak selengkapnya dalam video berikut.


Penulis: Irawan Sapto Adhi

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Farah Chaerunniza

Produser: Khairun Alfi Syahri MJ

Music: Agent - Sam Marshall

#KoreaUtara #SatelitMataMata #RudalKoreaUtara #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke