Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang Luar Negeri RI Turun ke 390,2 Miliar Dollar pada Oktober 2022

15 Desember 2022, 15:20 WIB

Bank Indonesia (BI) melaporkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Oktober 2022 kembali menurun menjadi 390,2 miliar dollar AS pada Oktober 2022, dari September 2022 yang sebesar 395,2 miliar dollar AS. Dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan hal itu karena penurunan ULN sektor publik (pemerintah dan bank sentral) maupun swasta.

Secara tahunan,posisi ULN Oktober 2022 pun mengalami kontraksi 7,6 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya, lebih dalam dibanding kontraksi bulan sebelumnya yang sebesar 6,8 persen (yoy). Sejak Maret 2022 posisi dan pertumbuhan ULN pemerintah konsisten menurun.

Pada Oktober 2022 ULN pemerintah tercatat 179,7 miliar dollar AS, lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya 182,3 miliar dollar AS, sehingga secara tahunan ULN pemerintah turun 12,3 persen (yoy), karena pergeseran penempatan dana investor nonresiden pada Surat Berharga Negara (SBN) domestik, seiring ketidakpastian di pasar keuangan global yang tinggi.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Musayadah Khusnul Khotimah

Narator: Musayadah Khusnul Khotimah

Video Editor: Basilius Agung

Produser: Agung Wisnugroho

Musik: Icelandic Arpeggios - DivKid

#BankIndonesia #UtangLuarNegeriRI #BankIndonesia #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke