Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuklir Korea Utara Tak Hanya Ancam Asia Timur tapi Global

13 Desember 2022, 21:05 WIB

Utusan nuklir tertinggi dari Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan bertemu di ibu kota Indonesia pada hari Selasa untuk membahas cara membawa Korea Utara kembali ke pembicaraan denuklirisasi, berjanji untuk memperkuat kerja sama dalam menangani program rudal nuklir dan balistik Pyongyang yang mengancam.

Sung Kim, utusan khusus AS untuk Korea Utara, mengatakan perilaku Pyongyang tahun ini sekali lagi membuktikan bahwa Korea Utara menghadirkan salah satu tantangan keamanan paling serius di kawasan ini dan sekitarnya.

Menurutnya, ancaman dari DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea) bukan hanya masalah Asia Timur atau Amerika Serikat, ini adalah masalah global. Di antara pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik Pyongyang yang terus melanggar hukum, itu adalah program dunia maya berbahaya dan itu adalah pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB, DPRK menghadirkan tantangan yang hanya dapat berhasil diatasi ketika komunitas internasional berdiri bersama dan berbicara dengan suara yang bersatu.

Penulis Naskah: Deta Putri Setyanto
Narator: Anneke Sherina Ramadhani
Video Editor: Menika Ambar Sari
Produser: Deta Putri Setyanto

#KoreaUtara #Nuklir #AmerikaSerikat #JernihkanHarapan

Music: Jungle - Aakash Gandhi

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke