Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Nobel Perdamaian, Istri Byalyatski Sebut Rusia Ingin Ubah Ukraina Seperti Belarus

11 Desember 2022, 12:51 WIB

Natalia Pinchuk, Istri pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Ales Byalyatski mengungkap bahwa Rusia bertujuan mengubah Ukraina seperti Belarus.

Ales Byalyatski dari kelompok hak asasi Rusia Memorial dan Pusat Kebebasan Sipil Ukraina memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2022 pada Oktober saat perang Rusia dan Ukraina.

Natalia mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberi kepada jutaan warga Belarusia yang membela hak sipilnya dalam aksi di jalan dan secara online.

Selain itu Natalia Pinchuk telah bertemu suaminya di penjara sejak dinobatkan sebagai pemenang Hadiah Nobel Perdamaian. Adapun Ales Byalyatski merupakan tokoh keempat yang menerima Hadiah Nobel Perdamaian di dalam penjara.

Sebelumnya, Byalyatski dan yang lainnya ditahan polisi dalam tindakan keras terhadap penentang presiden negara, Alexander Lukashenko.

Lukashenko mulai bergantung pada Moskwa sejak mereka berhasil membantu meredam protes akibat pemliu 2022 yang disengketakan.

Hal ini membuat Rusia menggunakan Belarusia sebagai pos pementasan untuk kemajuan yang gagal di Kyiv pada Februari. Namun, Belarus mengungkap tak akan ikut campur dalam perang dengan Ukraina.

Walaupun terdapat kekhawatiran bahwa Moskwa menekan Belarusia untuk terlibat perang. Rusia mengatakan bahwa pihaknya akan mengambil bagian dalam latihan taktis di Belarusia.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Tito Hilmawan Raditya

Penulis Naskah: Adeline Frederica Simatupang

Nataror: Adeline Frederica Simatupang

Video Editor: Adeline Frederica Simatupang

Produser: Rose Komala Dewi

Music: Manifest It (Instrumental) - NEFFEX

#JernihkanHarapan #nobelpredamaian #alesbyalyatski

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke