Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Mustahil Koalisi dengan Nasdem, Prabowo Tak Mungkin Jadi Cawapres Anies

7 Desember 2022, 09:23 WIB

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai, mustahil Partai Gerindra bersedia bergabung dengan Koalisi Perubahan yang dimotori Nasdem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Menurut dia, hampir tidak mungkin Gerindra mau mengajukan kadernya sebagai calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan, sosok yang digadang-gadang menjadi capres Koalisi Perubahan.

Sebabnya, sudah sejak lama Gerindra mengumumkan bahwa ketua umum mereka, Prabowo Subianto, hendak mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2024. Keputusan ini tampaknya sudah bulat dan tak bisa diganggu gugat. Gerindra pun diprediksi bakal berkoalisi dengan partai yang bersedia mengusung Prabowo sebagai presiden. Sementara, koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS kekeh mencalonkan Anies Baswedan. Oleh karenanya, bekerja sama dengan Koalisi Perubahan dinilai mustahil, apalagi jika Gerindra harus menempatkan pimpinannya di kursi calon RI-2 bersanding dengan Anies.

Bawono melanjutkan, pencalonan Prabowo sebagai presiden pada Pemilu 2024 menjadi agenda besar buat Gerindra. Partai berlambang kepala garuda itu sangat ingin ketua umumnya menang lantaran pada tiga pemilu sebelumnya Prabowo belum pernah meraih kemenangan. Selain itu, Gerindra juga sangat ingin Prabowo menjadi calon presiden supaya mereka mendapatkan limpahan elektoral atau efek ekor jas pada pemilu mendatang.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Syalutan Ilham, Firda Rahmawan, Yohana Indah Nur Ratri

Penulis: Fitria Chusna Farisa

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Bernard Siahaan

Produser: Okky Mahdi Yasser

Music: Gallato by Text Me Records GrandBankss

#AniesBaswedan #PrabowoSubianto #Pilpres2024 #jernihmemilih #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke