Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Jawa Barat Sering Terjadi Gempa Bumi?

5 Desember 2022, 14:23 WIB

Sejumlah wilayah di Jawa Barat dalam beberapa waktu terakhir kerap diguncang gempa. Diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Cianjur dan sekitarnya pada Senin (21/11/2022). Beberapa hari sesudahnya, yakni pada Sabtu (3/12/2022), gempa bumi magnitudo 6,4 juga mengguncang wilayah Garut dan sekitarnya.


Tidak hanya gempa dengan skala di atas magnitudo 5,0, sejumlah gempa-gempa kecil juga tercatat terjadi di wilayah Jawa Barat. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan, Jawa Barat merupakan daerah seismik aktif dan kompleks. Di mana guncangan aktif bisa berasal dari darat maupun laut dengan aktivitas yang cukup intensif.


Sementara untuk sumber gempa yang berada di daratan terdapat banyaknya sesar aktif di Jawa Barat. Sejumlah sesar aktif tersebut seperti Cimandiri, Garut Selatan, Lembang, Padalarang, Baribis, serta masih ada sesar-sesar yang belum terpetakan seperti sumber gempa yang membangkitkan gempa Cianjur.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

__________

Penulis Naskah: Vanessa Benedicta

Host: Vanessa Benedicta

Video Editor: Vanessa Benedicta

Produser: Nibras Nada Nailufar

#gempabumi #gempacianjur #gempagarut #mitigasigempa #kreasikompascom

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke