Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NR #28: Mapalus, Gotong Royong Khas Minahasa Utara, dan Keindahan Pariwisata Desa Budo & Likupang

1 Desember 2022, 19:11 WIB

Salam Nusaraya! Semangat Bhineka Indonesia Raya!

Kabupaten Minahasa Utara memiliki ciri khas masyarakatnya yang gotong royong. Gotong royong yang menjadi semangat kearifan lokal dikenal dengan istilah ‘mapalus’. Mapalus menjadi sebuah tradisi turun temurun dalam kehidupan bermasyarakat di Minahasa Utara dan menjadi inspirasi dalam program kerja yang dicanangkan oleh Joune J.E. Ganda, selaku Bupati Minahasa Utara.

Minahasa Utara juga memiliki harta karun berupa pemandangan alam matahari terbenam yang dapat dinikmati keindahannya di desa Budo. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang romantis, desa Budo juga memiliki hutan mangrove yang berfungsi menjaga ekosistem air yang ada di desa tersebut. Karena keunggulan yang dimiliki, desa Budo ditunjuk sebagai desa terbaik dalam kategori digital dan kreatif pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf.

Selain desa Budo, Minahasa Utara juga masih memiliki harta karun alam lainnya yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas oleh pemerintah, yaitu Likupang. Likupang merupakan kawasan yang dikelola secara khusus oleh pemerintah dan menjadi kawasan khusus ekonomi pariwisata.

Seperti apakah keindahan Likupang dan keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh Kabupaten Minahasa Utara? Simak obrolan lengkapnya bersama Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., hanya di Nusaraya.

#nusaraya #bupatiminahasautara #jouneganda #kcm #jernihmelihatdunia

Video Terkait
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.