Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Fokus Kembangkan Nuklir Tahun 2023 hingga Pesawat Pengebom Rusia-China Patroli Bersama

1 Desember 2022, 14:41 WIB

Konflik antara Rusia dan Ukraina memasuki hari ke-280 pada Rabu (30/11/2022). Konflik ini berlanjut dengan Komisi Eropa mengusulkan penyitaan aset Rusia yang telah dibekukan hingga titik distribusi PLTN Zaporizhzhia diserang.

Komisi Eropa mengusulkan penyitaan aset Rusia yang telah dibekukan untuk menghukum Moskwa atas invasinya ke Ukraina. Usulan tersebut bertujuan untuk memberi kompensasi kepada Kyiv atas kerusakan yang diderita negara tersebut.

Pesawat pengebom strategis jarak jauh Rusia dan China dilaporkan tengah berpatroli bersama pada Rabu (30/11/2022). Langkah ini dilakukan untuk menunjukkan hubungan pertahanan yang semakin erat antara kedua negara tersebut mengingat keduanya menghadapi ketegangan dengan Amerika Serikat.

Rusia akan memberikan perhatian khusus untuk membangun infrastruktur pasukan nuklir pada 2023. Bukan hanya itu, Rusia juga akan meningkatkan kemampuan tempur pasukan rudal serta pembangunan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan sistem rudal yang baru.

PLTN Zaporizhzhia kembali menjadi sasaran serangan Rusia pada Rabu (30/11/2022). Alhasil serangan tersebut mengenai titik distribusi gas dan menyebabkan kebakaran.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Bernard Siahaan

Produser: Okky Mahdi Yasser

Music: Berlin at Night by Dan Henig, Bell Trap by Silent Partner

#RusiaUkraina #RusiaChina #PLTNZaphorizhzhia #JernihkanHarapan

Video Terkait
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.