Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia dan 3 Negara ASEAN Akan Daftarkan Kebaya ke UNESCO, Kemana Indonesia?

26 November 2022, 11:12 WIB

Kebaya didaftarkan ke UNESCO dalam kategori Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan oleh Singapura, Brunei, Malaysia, dan Thailand.

Dewan Warisan Nasional Singapura (NHB) dalam rilis media pada Rabu (23/11/2022) menuliskan, ini adalah pendaftaran multinasional pertama oleh Singapura, dan pendaftaran multinasional pertama yang melibatkan empat negara.

Adapun upaya multinasional kebaya didaftarkan ke UNESCO ini kali pertama diusulkan dan dikoordinasikan oleh Malaysia, menurut pemberitaan Channel News Asia.

“Brunei, Malaysia, Singapura, dan Thailand sepakat untuk bekerja sama dalam nominasi multinasional ini karena kebaya mewakili dan merayakan sejarah bersama yang kaya di kawasan ini, mempromosikan pemahaman lintas budaya, dan terus hadir dan secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di seluruh Asia Tenggara," kata NHB.

Dewan tersebut juga mempersilakan negara lain bergabung untuk mendaftarkan kebaya.

Daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan dikembangkan oleh UNESCO pada 2008, terdiri dari unsur-unsur warisan budaya takbenda dari berbagai negara.

Daftar ini bertujuan meningkatkan kesadaran, mendorong dialog yang menghormati keragaman budaya, serta memberikan pengakuan yang layak terhadap praktik serta ekspresi komunitas di seluruh dunia.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Aditya Jaya Iswara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Anasthasya

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Beyond - Patrick Patrikios

#UNESCO #Kebaya #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke