Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Fosil Jejak Kaki Dinosaurus Langka Ditemukan di China Timur

23 November 2022, 14:43 WIB

Fosil jejak-jejak kaki dinosaurus berukuran sekitar 15 meter persegi ditemukan di wilayah Shanghang, Kota Longyan, Provinsi Fujian, China timur.

Peneliti menyebut, fosil jejak kaki dinosaurus langka itu terawetkan dengan baik serta memiliki lempengan fosil positif dan negatif. Menurut para peneliti, penemuan jejak kaki dinosaurus berukuran besar yang terawetkan dengan baik jarang terjadi di seluruh dunia.

Fosil-fosil tersebut memuat jejak kaki dinosaurus sauropoda dan theropoda, serta struktur gelombang simetris yang terlihat jelas. Lebih dari 30 jejak kaki dari enam spesies dinosaurus ditemukan pada fosil tersebut.

Fosil-fosil ini cukup langka, baik dari segi jumlah maupun tingkat kejelasannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi studi tentang kebiasaan hidup dan lingkungan hidup dinosaurus pada akhir Periode Kapur.

Sejak November 2020, Shanghang mengungkap fosil dinosaurus dengan karakteristik yang beragam. Hal ini membuktikan bahwa dinosaurus pernah hidup di area tersebut untuk waktu yang lama.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Timothy Afryano

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Timothy Afryano

Produser: Rose Komala Dewi

Music: Lowest Of Fi Riddim - Konrad OldMoney

#JernihkanHarapan #PenemuanFosil

Video Terkait
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.