Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Cianjur Berulang Setiap 20 Tahun, Ini Cara Bangun Rumah Tahan Gempa

23 November 2022, 15:59 WIB

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, gempa M 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merupakan kejadian ulangan 20 tahun silam. Menurut dia, berdasarkan kajian BMKG, gempa yang mengguncang wilayah Cianjur dan sekitarnya itu merupakan gempa dengan siklus 20 tahunan.

Dwikorita menjelaskan, kejadian serupa bisa terulang lagi di 20 tahun ke depan, sehingga prediksi ini harus benar-benar menjadi perhatian semua pihak. Salah satunya dengan memperhatikan agar rumah yang dibangun aman atau tahan terhadap gempa.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengingatkan pentingnya membangun rumah yang aman atau tahan terhadap gempa. "Rumah tahan gempa atau aman gempa adalah satu-satunya solusi dalam mitigasi gempa," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Dilansir dari laman inarisk.bnpb.go.id, persyaratan pokok tahan gempa merupakan panduan praktis dalam pembangunan bangunan gedung sederhana satu lantai dengan fungsi hunian. Pemenuhan persyaratan pokok tahan gempa bertujuan untuk mewujudkan bangunan rumah tinggal tunggal yang lebih aman terhadap dampak kerusakan yang diakibatkan oleh gempa. Persyaratan pokok tahan gempa meliputi bahan bangunan, struktur utama, hubungan antar-elemen struktur, hingga pengecoran beton.

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur.

Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka.

Uluran tangan Anda dapat disalurkan melalui link : bit.ly/bantukorbancianjur

#MariBersamaBerdonasi

Penulis: Kontributor Cianjur, Firman Taufiqurrahman | Muhdany Yusuf Laksono | Aryo Putranto Saptohutomo | Dandy Bayu Bramasta

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Savior Search - DJ Freedem, Finally The Sun, Moth

#GempaCianjur #GempaHariIni #OhBegitu #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke