Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Catat 122 Gempa Susulan di Cianjur hingga Selasa Pagi

22 November 2022, 10:21 WIB

Sejumlah gempa susulan dari guncangan magnitudo 5,6 yang melanda Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB terus tercatat.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Dwikorita Karnawati menyebut, terjadi sebanyak 62 kali gempa susulan hingga pukul 19.00 WIB. Ia mengatakan, gempa susulan dengan guncangan terkuat adalah magnitudo 4,2. Selebihnya, gempa susulan rata-rata berkekuatan di bawah magnitudo 4.

Sedangkan update terbaru menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melaporkan, hingga Selasa (22/11/2022) pukul 07.30 WIB, telah terjadi 122 gempa susulan.

Dilaporkan, gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Guncangan gempa bahkan terasa hingga wilayah Jakarta. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa terjadi di 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. BMKG mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Namun, sejumlah bangunan mengalami kerusakan pasca terjadi gempa. Saat ini, BMKG telah menerjunkan timnya untuk mengetahui aktivitas dari sesar mana yang menyebabkan gempa di Cianjur hari ini.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Kontributor Cianjur, Firmansyah

Penulis Naskah: Timothy Afryano

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Timothy Afryano

Produser: Okky Mahdi Yasser

Music: To Pass Time - Godmode

#JernihkanHarapan #GempaCianjur #Cianjur #BMKG

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke