Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Susul Inggris Masuk Jurang Resesi, Ini Penyebabnya

18 November 2022, 16:07 WIB

Setelah sembilan bulan melancarkan serangannya ke Ukraina, Rusia dikabarkan menyusul Inggris jatuh ke jurang resesi. Dikutip dari laman Hindustan Times, produk domestik bruto (PDB) Rusia turun sebesar 4 persen pada kuartal ketiga.

Data tersebut adalah perkiraan awal dari Badan Statistik Nasional Rosstat. Dikutip dari RTE, Rusia saat ini memenuhi definisi teknis resesi dengan dua kuartal berturut-turut penurunan PDB. Kontraksi ini lebih baik dari 4,5 persen yang sebelumnya diperkirakan para analis.

Dengan penurunan PDB berturut-turut ini, ekonomi Rusia terus berkontraksi. Kontraksi tersebut didorong oleh penurunan perdagangan grosir sebesar 22,6 persen dan penurunan perdagangan ritel sebesar 9,1 persen. Adapun sektor konstruksi tumbuh sebesar 6,7 persen dan pertanian 6,2 persen.

Kondisi perekonomian Rusia saat ini memang tengah menghadapi beragam masalah. Di antaranya karena adanya sanksi Barat imbas serangan Rusia ke Ukraina. Sanksi Barat ini membatasi ekspor dan impor termasuk komponen manufaktur utama dan suku cadang.

Selain itu perusahaan-perusahaan di Rusia saat ini juga tengah menderita kekurangan staf karena adanya mobilisasi karena banyaknya orang yang meninggalkan Rusia. Hal ini menghilangkan beberapa ratus ribu orang dari angkatan kerja.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Aditya Jaya Iswara, Rully R. Ramli, Bernadette Aderi Puspaningrum, Nur Rohmi Aida

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Sherly Puspita, Rizkia Shindy

Music: Archetype

#Rusia #RusiaResesi #OhBegitu #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke