Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Buat Pamor Indonesia Menjulang, Bikin Adidaya Dunia Bersepakat di KTT G20

18 November 2022, 12:50 WIB

Presiden Joko Widodo banjir pujian dunia karena dianggap berhasil menjadi tuan rumah KTT G20 karena sukses memfasilitasi dan menengahi adu keras urat leher adidaya dunia dan membuat mereka mencapai kata sepakat.

Dalam laporan Bloomberg, Kamis, (17/11/2022), meskipun menjadi negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia sudah lama tidak menampilkan taring dan bobotnya dalam urusan internasional. Hal itu berubah pada KTT G20 tahun ini.

Dengan paduan diplomasi yang hati-hati dan humor yang baik, Presiden Indonesia Joko Widodo berhasil membawa rasa kolegialitas ke dunia yang terbelah oleh konflik dan krisis.

KTT G20 dimulai di Bali dengan ketegangan tinggi di sekitar urusan Ukraina, hubungan AS - China, perubahan iklim, dan inflasi diakhiri dengan pernyataan bersama yang tampaknya mustahil hanya beberapa hari sebelumnya.

Harapan dunia yang rendah atas pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ternyata hasilnya melampaui harapan dari pertemuan langsung kedua raksasa dunia, membuat kerja sama berhasil dipulihkan di berbagai bidang utama sehingga menstabilkan hubungan antara ekonomi terbesar dunia yang telah mengarah ke konflik.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Farah Chaerunniza
Produser: Okky Mahdi Yasser
Music: The Pledge And Prestige - Cy Curnin


#KTTG20 #Jokowi #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke