Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil 3 Tim Kuda Hitam di Piala Dunia Qatar 2022: Kroasia, Senegal, Serbia

17 November 2022, 10:40 WIB

Tak pernah ada yang menyangka tim nasional Kroasia bisa melaju ke partai final Piala Dunia 2018. Prestasi Kroasia selama Piala Dunia sebelumnya tak pernah mentereng, kecuali pada debutnya pada tahun 1998. Saat debut, mereka mampu tembus semifinal. Runner-up Piala Dunia 2018 adalah pencapaian terhebat dalam sejarah sepak bola negara pecahan Yugoslavia tersebut.

Dari dua penampilan sebelumnya di Piala Dunia, Senegal layak disebut sebagai tim kuda hitam yang siap membuat kejutan. Sebelumnya, Senegal lolos ke Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang serta pada edisi 2018 di Rusia. Hebatnya, debut Senegal di Piala Dunia, khususnya pada edisi 2002, langsung tembus partai perempat final.

Serbia masuk Grup G bersama Brasil, Swiss, dan Kamerun. Jika melihat peta kekuatan di Grup G Piala Dunia 2022, Serbia bisa dibilang masuk grup berat. Brasil selalu menjadi tim unggulan pada setiap edisi Piala Dunia. Sementara itu, Swiss kerap tampil sebagai tim kuda hitam di turnamen-turnamen besar. Kamerun juga tidak bisa dipandang sebelah mata karena mereka adalah salah satu kekuatan sepak bola Afrika.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Muhammad Zukhruf Tamzidillah

Video Editor: Muhammad Zukhruf Tamzidillah

Produser: Okky Mahdi Yasser

Music: Stuff - Otis McDonal

#JernihkanHarapan #GebyarQatar #PialaDunia2022 #Kroasia #Senegal #Serbia

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke