Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karya Instalasi, Ungkapan Ide Kreatif Seniman

14 November 2022, 13:33 WIB

BADUNG, KOMPAS TV - Setelah sukses dalam berbagai karya instalasi patung, Ketut Putra Yasa, salah seorang seniman asal Badung, Bali, ini kembali menuangkan ide kreatifnya melaui karya seni instalasi.

Kali ini, Putrayasa menuangkan idenya dengan membuat tema The Golden Toilet In Winter. Dimana karyanya kali ini bisa lihat dari beragam sudut pandang sekaligus ambigu. Karyanya bisa dianggap sapaan, cibiran, bahkan suara yang kritis, dengan menghadirkan piranti toilet berwarna emas, karpet merah, hingga tumpukan es batu.

Dengan adanya seseorang yang menggotong toilet ke atas singgasana es, menggambarkan situasi politik dunia yang dingin. Dimana ketiga piranti yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari,  pada tangan seniman Ketut Putrayasa menjadi sebuah karya instalasi yang memiliki cibiran halus kepada para pemegang kekuasaan.

Dengan ditampilkannya karya instalasi ini di harapkan mampu membuka ruang publik bagi masyarakat, untuk bisa menuangkan ide dan gagasannya demi terwujudnyanegara yang demokrasi.

 

 

 

 

 

 

#karyainstalasi   #thegoldentoiletinwinter    #iketutputrayasa

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/348210/karya-instalasi-ungkapan-ide-kreatif-seniman
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke