Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat G20 bagi Indonesia dan Dunia?

11 November 2022, 16:35 WIB

Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 ke-17 akan dilaksanakan di Bali mulai Selasa (15/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022). Rangkaian acara ini merupakan puncak kerja G20 yang sudah selama setahun diketuai oleh Indonesia.

Dilansir dari Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, G20 merupakan forum kerja sama ekonomi skala internasional yang anggotanya terdiri dari beberapa negara dengan angka perekonomian besar di dunia. Di dalamnya terdapat 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Dengan begitu, forum ini mempresentasikan wujud dari penggabungan 60 persen populasi di bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB (Produk Domestik Bruto) dunia.

Merujuk laman Kemenkeu, manfaat Presidensi G20 ini memberi banyak dampak positif bagi Indonesia terlebih untuk sisi perekonomian. Dari sisi ekonomi, manfaat Presidensi G20 yang berlangsung secara fisik dapat menggerakkan konsumsi domestik. Salah satunya pertumbuhan PDB nasional hingga Rp7,4 triliun, melibatkan banyak UMKM, dan penyerapan tenaga kerja sekitar 33 ribu di berbagai sektor.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Digital Technology - tasty audio, IT News - tunestogo

#KTTG20 #G20Indonesia #OhBegitu #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke