Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Siagakan 6 Pesawat Pengebom di Selatan Indonesia, Ini Respons Kemlu

4 November 2022, 14:09 WIB

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) buka suara terkait pengiriman 6 pesawat pengebom AS di sisi selatan Indonesia atau Australia Utara. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengatakan, hal tersebut menjadi perhatian Indonesia. Sebab, perkembangan yang berisiko menimbulkan tantangan tersendiri di kawasan selalu menjadi perhatian.

"Oleh karena itu, hal yang ditanyakan tadi (soal pesawat pengebom AS) merupakan yang dijadikan perhatian indonesia, kita mengikuti dari dekat dan mencermati perkembangan ini," kata Teuku Faizasyah dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Jumat (4/11/2022). Ia menuturkan, keamanan yang stabil di kawasan indo-pasifik bukan hanya menjadi perhatian Indonesia.

Menurut dia, keamanan di kawasan menjadi komitmen bersama semua negara yang memiliki kepentingan, entah negara yang berada di Asia tenggara atau negara yang memliki kepentingan dan interaksi kuat dengan indo-pasifik. Oleh karena itu, kata Faiza, dia meminta semua negara menahan diri untuk tidak bermanuver atau langkah lain yang menimbulkan ketidakpercayaan antar-negara.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Fika Nurul Ulya

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Bernard Siahaan

Produser: Okky Mahdi Yasser

Music: Gain by Text Me Records_GrandBankss

#Kemlu #AS #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke