Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim KPK dan IDI Akan Periksa Lukas Enembe di Kediamannya di Papua

25 Oktober 2022, 15:00 WIB

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyatakan, tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan tim penyidik KPK akan memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe di kediamannya di Jayapura, Papua.


Alex mengatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan rapat koordinasi lintas lembaga yang dihadiri KPK, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, perwakilan Polri, TNI, dan Polda Papua.


Ia menjelaskan bahwa tujuan kedatangan tim IDI dan penyidik KPK untuk memastikan penegakan hukum terhadap perkara Lukas. Namun, Alex tak mengungkapkan waktu pemeriksaan tersebut.


Menurutnya, hasil pemeriksaan itu akan menentukan langkah yang akan diambil KPK untuk menangani kasus ini dalam waktu ke depan.


Hal itu disampaikan Alex saat konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (24/10/2022).


Sebelumnya, KPK menetapkan Lukas sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek di Papua. Lukas disebut menerima uang Rp 1 miliar.


KPK telah memanggil Lukas untuk menjalani pemeriksaan pada 12 September sebagai saksi dan 26 September sebagai tersangka. Namun, ia tidak memenuhi panggilan itu dengan alasan sakit.


Simak selengkapnya dalam video berikut ini.


Video Jurnalis: Talitha Yumnaa

Video Editor: Claudia Aviolola

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Musik: El Secreto-Yung Logos


#LukasEnembe #QuoteHighlight #KompasQuoteHighlight #JernihkanHarapan


Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke