Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Charta Politika Nilai PDI-P Lebih Mudah Gaet Partai Koalisi jika Usung Ganjar daripada Puan

12 Oktober 2022, 13:00 WIB

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, PDI-P akan sulit menggaet partai koalisi jika mengusung Puan Maharani sebagai capres dalam Pemilu 2024


Dalam wawancara dengan Kompas.com, Selasa (11/10/2022), Yunarto mengatakan bahwa elektabilitas Puan hanya berada di angka 2-3 persen. Sementara partai politik lain akan mau berkoalisi jika ada capres yang kuat dalam segi elektabilitasnya.


Namun, menurut Yunarto, hal itu tak akan terjadi apabila PDI-P mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres. Hal ini lantaran sejumlah lembaga survei nasional memperlihatkan elektabilitas Ganjar berada di peringkat 1 dari Prabowo dan Anies Baswedan.


Sebelumnya, nama Puan dan Ganjar digadang-gadang untuk maju sebagai capres pada Pemilihan Presiden 2024. Internal PDI-P sendiri sudah mulai panas. Perang dukungan untuk dua kadernya itu pun menguat.


Meski demikian, keputusan final pencapresan ada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Hingga kini, Megawati belum bicara perihal capres-cawapres yang akan partainya usung.


Simak selengkapnya dalam video berikut ini.


Video Editor: Claudia Aviolola

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Musik: My Peeps-Aaron Lieberman


#PuanMaharani #GanjarPranowo #PDIP #QuoteHighlight #KompasQuoteHighlight #JernihkanHarapan


Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke