Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Perintahkan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Usut Tuntas Tragedi Stadion Kanjuruhan

6 Oktober 2022, 12:09 WIB

Presiden Joko Widodo meminta Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk pemerintah untuk mengusut tragedi di Stadion Kanjuruhan secara tuntas tanpa ada yang ditutup-tutupi.


Saat konferensi pers usai menjenguk beberapa korban di RSUD dr Saiful Anwar, Malang, Rabu (5/10/2022), Jokowi menekankan, semua pihak yang bersalah dalam peristiwa ini mesti diberikan sanksi, termasuk sanksi pidana jika memenuhi syarat.


Selain itu, Jokowi pun memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera mengaudit seluruh stadion tim Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Audit itu ditujukan untuk mencari kelemahan-kelemahan struktural terutama akses keluar masuk penonton setiap stadion.


Jokowi berharap Kementerian PUPR menyelesaikan audit seluruh stadion tim Liga 1 sampai Liga 3 dalam kurun waktu satu bulan.


Diketahui, lebih dari seratus warga meninggal dunia akibat kerusuhan yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) malam di Stadion Kanjuruhan, Malang. Ratusan warga lainnya mengalami luka ringan hingga berat.


Warga yang menjadi korban umumnya mengalami sesak napas dan terinjak-injak. Hal ini terjadi lantaran adanya kerusuhan setelah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya dalam pertandingan sepak bola.


Simak selengkapnya dalam video berikut ini.


Video Editor: Claudia Aviolola

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Musik: Rain Fuse-French Fuse


#JokoWidodo #TragediKanjuruhan #QuoteHighlight #KompasQuoteHighlight #JernihkanHarapan


Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke