Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala PSI Umumkan Ganjar Capres Usai Anies Diusung Nasdem

4 Oktober 2022, 16:43 WIB

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan capres yang mereka dukung untuk Pemilu 2024 tak lama setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dideklarasikan Nasdem. Keduanya mengumumkan capres yang akan didukung pada hari yang sama, Senin (3/10/2022).

Dalam jumpa pers Senin petang, PSI secara menyatakan dukungannya terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Sementara, untuk calon wakil presiden yang akan PSI dukung adalah Yenny Wahid.

Mengenai alasan PSI memilih Ganjar dan Yenny, Grace mengatakan bahwa Ganjar memiliki visi kebangsaan dan kebinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan oleh PSI. Selain itu, Grace mengklaim Ganjar terpilih atas keinginan publik.

Sementara, namaya Yenny terpilih juga karena kualitas kepribadiannya yang dinilai mumpuni. Yenny dianggap PSI, konsisten melanjutkan perjuangan ayahnya, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur untuk Indonesia yang adil dan toleran.

Meski PSI telah mendeklarasikan Ganjar sebagai capres yang akan mereka dukung, Grace menyebut Ganjar sendiri belum diberi tahu. Namun, Grace menyebut komunikasi tetap ada dan Ganjar pun mengetahui adanya Rembuk Rakyat yang dilakukan PSI.

Simak selengkapnya dalam video berikut.


Penulis: Vitorio Mantalean

Video Jurnalis: Syalutan Ilham, Firda Rahmawan, Arie Julianto

Penulis Naskah: Putri Aulia

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Farah Chaerunniza

Produser: Adisty Safitri

Musik: PHXO-Gunnar Olsen

#JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke