Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Saparan, Warga Megibung Di Pantai

29 September 2022, 12:40 WIB

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Inilah tradisi Saparan, yang digelar warga Kampung Kusamba dan Gelgel. Warga muslim setempat menggelar tradisi ini dengan cara megibung, atau makan bersama-sama dengan cara lesehan.

pertama kalinya, saparan ini digelar di Pantai Kusamba, Klungkung, Bali, setelah sebelumnya di masjid masing-masing kampung, lantaran terbentur pandemi Covid-19. Hampir seribu orang warga berbodong-bondong membawa makanan saji / di pinggir Pantai Kusamba, Klungkung.

Menurut tokoh Kampung Kusamba, Haji Idham Amin, tradisi Saparan merupakan ajang silaturahmi di bulan Sapar, sebagai makna kebersamaan dan berbagi anugerah rejeki. Dimana masing-masing keluarga membawa satu nampan makanan lengkap, yang siap disajikan untuk 4 hingga 6 orang, dengan menu khusus yakni ketupat dan jajan bantal. Warga tampak saling berbagi makanan, dengan warga lainnya, walaupun bukan keluarga langsung, sebagai bentuk kebersamaan dan silaturahmi. Tradisi ini digelar dipinggir pantai,  karena mayoritas warga di Kampung Kusamba mata pencaharian ada di laut. Sebagai wujud untuk penghormatan dan terima kasih kepada alam.

Rencananya, tradisi  ini akan terus digelar dan dilestarikan setiap setahun sekali. Selain ajang makan bersama, juga diisi sedekah dan berbagai untuk warga yang membutuhkan.

 

 

 

 

 

 

 

#tradisi   #saparan   #pantaikusamba

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/333119/tradisi-saparan-warga-megibung-di-pantai
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke