Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Minuman Manis Bikin Takut Diabetes, Ini Tips Turunkan Gula Darah

27 September 2022, 17:54 WIB

Belakangan ini pemilik akun Twitter @Gandhoyy mengkritik salah satu merek minuman manis karena dinilai terlalu manis. Dalam tweet itu, pemilik akun juga mengatakan bahwa produk minuman tersebut seperti gula seberat 3 kilogram. Sebab menurut dia, minuman itu mengandung pemanis dengan kadar berlebih, sehingga dinilai dapat menyebabkan diabetes.

Lantas, benarkah minuman yang mengandung pemanis berlebihan dapat menyebabkan diabetes? Pernyataan ini dibenarkan dokter spesialis anak, Kurniawan Satria Denta. Ia menyebut konsumsi gula berlebih lambat laun juga akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Naiknya kadar insulin mengakibatkan resistensi insulin, yakni kondisi saat sel tubuh tidak bisa menggunakan gula darah karena ada gangguan dalam merespons insulin. Lantaran gula "terjebak" dalam darah dan tak bisa masuk ke sel tubuh, kata Denta, maka sel tubuh akan kelaparan. "Itu kenapa kita lapar terus. Tanda-tandanya diabetes itu salah satunya adalah lapar terus," lanjut Denta.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Agustinus Rangga Respati, Diva Lufiana Putri, Nicholas Ryan Aditya, Zintan Prihatini, Alinda Hardiantoro, Yefta Christopherus Asia Sanjaya

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Sunset n Beachz - Ofshane, Hot Coffee - Patrick Patrikios, Disco Knights - Quincas Moreira

#GulaDarah #MinumanManis #Diabetes #OhBegitu #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke