PDI-P Punya Tugas Berat Tingkatkan Elektabilitas Puan untuk Pilpres 2024

23 September 2022, 16:16 WIB

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai PDI-P akan punya tugas besar jika mau mengusung Puan Maharani sebagai capres di Pemilu 2024.

Hal ini karena elektabilitas Puan masih rendah, yaitu di kisaran angka satu persen. Untuk itu, akan menjadi tugas berat PDI-P untuk mendongkrak elektabilitas Puan.

Menurut Ujang mencalonkan Puan dengan elektabilitas terbatas berisiko menggagalkan kemenangan PDI-P. (Mencalonkan capres dengan elektabilitas rendah dapat beresiko)

Apalagi, ada kemungkinan jika Ganjar Pranowo tak dicalonkan sebagai presiden, Gubernur Jawa Tengah itu bakal tetap maju sebagai capres lewat partai lain.

Ujang menilai kemungkinan besar PDI-P hendak menjada eksistensi mereka sebagai partai trah Soekarno. Untuk itu, meski Ganjar Pranowo yang memiliki elektabilitas tinggi tak dipilih karena bulan dari kalangan keluarga Soekarno.

Namun demikian, Ujang yakin, risiko tersebut telah dihitung matang oleh PDI-P, sehingga partai pimpinan Megawati itu siap mati-matian bertarung di pilpres mendatang.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Fitria Chusna Farisa,Arie Julianto, Firda Rahmawan, Nissi Elizabeth

Penulis Naskah: Putri Aulia

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Abdul Azis

Produser: Rose Komala Dewi

Musik: The Von Trapp Family Choir - Alge.

#JernihkanHarapan

Video Terkait
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Video Terkini
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.