Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teka-teki Jet Pribadi yang Diduga Dipakai Anak Buah Sambo hingga Terseretnya Bandar Judi

23 September 2022, 11:42 WIB

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) menilai ada yang tidak wajar dari penggunaan jet pribadi yang dipakai oleh Brigjen Hendra Kurniawan yang merupakan tersangka kasus obstruction of justice atau upaya menghalangi penyidikan kasus Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan, selain hal yang tidak wajar itu, dia juga menduga ada potensi gratifikasi yang dilakukan Hendra saat menggunakan jet pribadi tersebut.

Sebelumnya Indonesia Police Watch (IPW) mengatakan, private jet itu dipakai Hendra ke Jambi untuk menjelaskan penyebab kematian Brigadir J kepada keluarga. "Ya tidak wajar karena kan anggaran polisi itu terbatas. Kalau anggaran pribadi rasanya juga susah. Duitnya juga bisa-bisa sampai Rp 500 juta, antara Rp 250 juga sampai Rp 500 juta, harga sewanya aja, ke sana ke mari," kata Boyamin saat dihubungi, Kamis (22/9/2022). Menurut dia, hal yang dilakukan Brigjen Hendra saat terbang ke Jambi bukan tugas resmi dari instansi Kepolisian.

Boyamin juga tidak meyakini bahwa perjalanan Brigjen Hendra menggunakan pesawat jet pribadi itu dibiayai dengan anggaran Polri. “Tapi kalau ini saya yakin sih tidak dibiayai oleh anggaran kedinasan. Maka ya kalau dugaan sih saya menduga itu gratifikasi, karena bisa aja menyewa murah dapat diskon atau bahkan gratis,” kata dia.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Rahel Narda Chaterine, Fitria Chusna Farisa, Achmad Nasrudin Yahya

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Host: Anasthasya

Video Editor: Bernard Siahaan

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Find Me Here by Patrick Patrikios, Outside the Universe by Joel Cummins, Kris Myers, Andy Farag, Contrast by Anno Domini Beats, Agent by Sam Marshall

#HendraKurniawan #NewsUpdate #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke