Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elizabeth II, Ratu Inggris Terlama yang Pernah Jadi Sopir Truk Saat Perang Dunia II

12 September 2022, 18:24 WIB

Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun. Ia menduduki takhta kerajaan selama 70 tahun sejak dinobatkan sebagai Ratu Inggris di usia 25 tahun. Ratu Elizabeth II juga menjadi pemegang takhta kerajaan Inggris terlama.

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II disampaikan pihak Istana Buckingham. Ratu Elizabeth II menghembuskan napas terakhir di Kastil Balmoral, Skotlandia pada Kamis (8/9/2022).

Sebagai putri tertua Raja George VI dan Elizabeth Bowes-Lyon, Elizabeth menggantikan ayahnya yang wafat akibat kanker. Ayahnya meninggal pada 6 Februari 1952, ketika berada di Kenya, dan Elizabeth diangkat menjadi ratu pada hari yang sama. Elizabeth secara resmi dimahkotai di Westminster Abbey pada 2 Juni 1953.

Perjalanan kepemimpinannya juga tak semulus yang dibayangkan. Elizabeth pernah menjadi lelucon populer di kalangan warga Inggris. Penyebabnya, ia adalah seorang montir mobil dan pengemudi truk yang terlatih selama Perang Dunia II namun mengklaim bisa menjadikan pendidikan yang "layak".

Bukan hanya tekanan dari luar, Elizabeth juga telah melewati berbagai masalah di lingkungan kerajaan. Pada tahun 1992, kebakaran merusak Kastil Windsor, rumah keluarga, dan pernikahan tiga dari empat anaknya runtuh. Putri Anne menceraikan Mark Phillips, Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson berpisah, dan Pangeran Charles, pewaris takhta, juga menghadapi pernikahan yang bermasalah dengan Putri Diana, yang kemudian diceraikannya pada tahun 1996.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Aditya Jaya Iswara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Sherly Puspita

Music: Through and through, dance of the u boat, march to victory, shoulder closures, galactic damages

#RatuElizabeth #Inggris #OhBegitu #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke