Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode Tes OAE Bantu Orang Tua Skrining Pendengaran Bayi

5 September 2022, 17:00 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Skrining pendengaran pada bayi masih jarang dilakukan oleh masyarakat. Orang tua biasanya membawa anak ke dokter, jika sudah mengalami gangguan pendengaran. Salah satu Rumah Sakit di Surabaya, mengajak masyarakat untuk memeriksakan pendengaran anaknya sejak bayi.

Memeriksakan pendengaran anak sejak bayi, penting dilakukan oleh orang tua. Namun, sayangnya masih banyak orang tua yang belum mengetahui tentang pentingnya memeriksakan pendengaran anak sejak bayi. Padahal, fungsi pendengaran mempengaruhi cara berkomunikasi anak. Jika terjadi, gangguan, akan menyebabkan anak kesulitan dalam berkomunikasi.

Irma misalnya, ia merasa penting memeriksakan pendengaran bayinya yang berusia 2 bulan, untuk mengetahui kondisi pendengaran bayinya.

Salah satu Rumah Sakit yang memiliki fasilitas skrining pendengaran untuk bayi, yakni RSPAL Dokter Ramelan, menggunakan metode Tes Oto Acoustic Emissions atau OAE. Tes OAE dilakukan dengan menempelkan sumbat kecil ke telinga bayi selama beberapa detik.

Masyarakat, diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas skrining pendengaran di Rumah Sakit - Rumah Sakit. Ketika terjadi gangguan pendengaran, maka dapat segera teratasi sejak dini.

 

#bayi #skrining #alat #dokter #kesehatan #pemeriksaan #komunikasi #surabaya #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,kompastvjawatimur

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Artikel ini bisa dilihat di : https://jatim.kompas.tv/article/325398/metode-tes-oae-bantu-orang-tua-skrining-pendengaran-bayi
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke