Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaiknya Kamu Juga Perlu Tahu Efek Samping dari Habbatussauda

1 September 2022, 13:42 WIB

KOMPAS.TV-Habbatussauda merupakan tumbuhan berbunga kecil yang tumbuh di Asia Barat Daya, Timur Tengah, dan Eropa Selatan.

Memiliki nama lain Nigella sativa, tanaman semak ini menghasilkan buah dengan biji hitam kecil.

Tumbuhan ini dikenal mempunyai segudang manfaat bagi kulit dan rambut.

Namun, bukan berarti tumbuhan herbal ini cocok bagi semua orang dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh.

Seringnya akan muncul reaksi setelah mengonsumsi habbatussauda. Jika reaksi semakin memburuk maka segera konsultasikan dengan dokter.

Melansir dari Kompas.com berikut efek samping mengonsumsi habbatussauda:

1.Mual

Penggunaan jangka pendek misalnya 3 bulan atau kurang belum bisa dikaitkan dengan efek yang serius. Namun jika mual berlanjut langsung saja konsultasikan dengan dokter.

2.Membahayakan Ginjal

Menurut Journal of Integrative Medicine, seorang wanita dengan diabetes tipe 2 dirawat di rumah sakit karena gagal ginjal akut setelah mengonsumsi 2–2,5 gram kapsul habbatussauda setiap hari selama 6 hari.

Maka baiknya, jika kamu memiliki masalah dengan ginjal disarankan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi habbatussauda.

3.Bereaksi dengan Obat Lain

Jika kamu  mengalami gangguan pendarahan atau sedang mengonsumsi obat yang memengaruhi pembekuan darah hindari mengonsumsi minyak jintan hitam.

4.Membahayakan Kehamilan

Karena penelitian yang terbatas, wanita yang sedang hamil atau menyusui juga sebaiknya menghindari penggunaan minyak habbatussauda.

Baca Juga Cek Manfaat Air Rebusan Daun Sirih, Obat Alami Batuk Berdahak, Ini Cara Membuatnya di https://www.kompas.tv/article/269986/cek-manfaat-air-rebusan-daun-sirih-obat-alami-batuk-berdahak-ini-cara-membuatnya

Editor Video & Grafis: Joshua Victor 

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/324390/sebaiknya-kamu-juga-perlu-tahu-efek-samping-dari-habbatussauda
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke