Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR : Boleh Naikkan Harga Bbm, Tapi Ini Syaratnya... - BTALK

24 Agustus 2022, 15:05 WIB

KOMPASTV - Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno dalam program B-Talk (23/8) mengatakan pengguna pertalite 70% merupakan pengguna armada roda empat, sementara sisanya sebanyak 30% roda dua. Namun menurutnya berdasarkan data tersebut yang berhakmendapat subsidi hanya 2%, artinya selama ini pengguna pertalite adalah masyarakat mampu.

Ia juga menuturkan perlunya dilakukan revisi terhadap Perpres no.191/ 2014 agar lebih menjelaskan dengan rinci armada mana saja dan siapa saja yang berhak mendapat BBM bersubsidi tersebut.

“Kenaikan harga BBM kalau dilaksanakan, harus dihitung pula dampaknya kepada ekonomi. Bagi masyarakat harus didahulukan ketersediaan. Kenaikan harga ini oke, dengan syarat tersebut dipenuhi”, ujarnya.

Ekonom Celios Bhima Yudhistira juga menuturkan selama ini subsidi BBM tidak tepat sasaran. Pemerintah belum punya data kendaraan pribadi mana yang berhak mendapat subsidi, yang pada akhirnya mengharuskan Pertamina mendata pengguna BBM dengan pengaplikasian MyPertamina.

Saksikan program B-Talk bersama jurnalis KompasTV Mysister Tarigan dalam episode “Harga BBM Naik, Dana Sosial Kudu Maksimal” bagian kedua.

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/322013/dpr-boleh-naikkan-harga-bbm-tapi-ini-syaratnya-btalk
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke