Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Gabung Afsel Gugat Israel ke ICJ Atas Genosida di Gaza

7 Juni 2024, 13:10 WIB

Spanyol mengikuti langkah Afrika Selatan yang meminta Mahkamah Internasional PBB agar menerbitkan tuduhan Israel melakukan genosida di Gaza.

Dalam konferensi pers di Madrid pada Kamis (6/6/2024), Menteri Luar Negeri Spanyol, Jos Manuel Albares, mengatakan negaranya akan ikut serta dalam proses Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ) yang diprakarsai oleh Afrika Selatan terkait situasi di Gaza.

"Ini adalah langkah yang telah kami pertimbangkan selama berminggu-minggu. Sebuah langkah yang telah diambil oleh negara-negara lain, dan sedang dipertimbangkan sejumlah negara lainnya," kata Albares, dikutip dari Reuters.

Langkah ini menjadikan Spanyol sebagai negara pertama di Eropa yang meminta izin kepada pengadilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu untuk bergabung dengan Afrika Selatan, yang sebelumnya juga telah menuduh Israel melakukan genosida di Gaza.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Irawan Sapto Adhi
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Dimas Septian Adiyathama
Produser: Deta Putri Setyanto

Musik: Wolf Mother - Loopop

#Israel Spanyol #AfrikaSelatan #JernihkanHarapan

Artikel Terkait:
https://www.kompas.com/global/read/2024/06/07/110911970/ikuti-langkah-afrika-selatan-spanyol-tuduh-israel-lakukan-genosida-di.

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke