Reshuffle Kabinet Indonesia Maju|Indonesia Pastikan Diri Lolos ke Piala Asia 2023

15 Juni 2022, 21:07 WIB

High Five kembali dengan berita dan informasi terpopuler edisi 15 Juni 2022.

1. Presiden Joko Widodo, siang ini telah melakukan reshuffle kabinet yang berlangsung di Istana Merdeka pada Rabu(15/6/2022). Sebanyak dua orang Menteri dan tiga Wakil Menteri telah selesai dilantik. Beberapa nama tersebut adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menjadi Menteri Perdagangan, serta Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang.

2. Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 usai unggul atas Nepal dengan skor 7-0 pada laga ketiga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Rabu (15/6/2022). Skuad Garuda menjadi negara terakhir yang lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan menjadi tim runner up terbaik kedua.

3. Pemerintah China meminta Amerika Serikat untuk membuktikan ucapannya termasuk dengan tidak melakukan konfrontasi atau konflik, dan perang dingin. China melalui Wang Wenbin juga meminta AS tidak memecah negara NATO di Asia. China juga mendesak AS menghentikan hal yang dapat memecah kawasan.

4. Paus Fransiskus menyebut situasi perang Rusia dan Ukraina tak bisa dilihat hanya dari permukaan. Ia menilai invasi Rusia ke Ukraina harus dilihat juga dari kemungkinan provokasi NATO. Menurutnya, NATO tak mengerti bahwa Rusia adalah imperialis dan tidak akan membiarkan kekuatan asing mendekati mereka.

5. Pemerintah memutuskan tidak jadi mengenakan kenaikan tarif masuk ke Candi Borobudur kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tarif masuk untuk umum tetap dikenakan sebesar Rp 50.000 per orang, yakni sama dengan harga yang berlaku saat ini.

Selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Musayadah Khusnul Khotimah

Host: Musayadah Khusnul Khotimah

Narator: Musayadah Khusnul Khotimah

Video Editor: Ivan Khabibu Rochman

Produser: Naufal Noorosa

#HighFive #Populer #JernihkanHarapan #SuaraKompas

Video Terkait
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Video Terkini
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.