Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nurul Ghufron Beri Kode Bakal Ikut Capim KPK 2024-2029

14 Mei 2024, 21:20 WIB

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron memberi kode bakal kembali mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) KPK periode 2024-2029.

Namun, ia tak menyampaikan hal tersebut secara gamblang. Ghufron pun membahas soal dirinya yang pernah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait aturan persyaratan untuk menjadi pimpinan KPK pada 2022 lalu.

"Itu sudah saya, niatan saya dengan JR (judicial review) pada 2022, itu nggak perlu ditanyakan," jelas Ghufron kepada wartawan saat ditanya apakah ia akan mengikuti seleksi Capim KPK, Selasa (14/5/2024).

"Enggak usah dibahas itu, artinya saya dengan kemudian merasa 2022 pada saat itu ada regulasi yang menghambat saya, kemudian saya JR, artinya hajat saya anda bisa memahami ya," katanya lagi.

Sebagai informasi, pada tahun 2022, Nurul Ghufron pernah mengajukan gugatan di MK terkait Undang-Undang KPK Nomor 19 Tahun 2019. Ia melakukan uji materi atau judicial review terhadap Pasal 29 huruf e UU KPK perihal batas usia mencalonkan diri menjadi pimpinan KPK.

Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut.

Video Jurnalis: Talitha Yumnaa

Penulis Naskah: Talitha Yumnaa

Video Editor: Talitha Yumnaa

Produser: Adil Pradipta


#JernihkanHarapan #KPK #CapimKPK

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke