Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Kepiting Tiga Warna Super Langka yang Ditemukan di Kalimantan Barat

10 April 2024, 22:30 WIB

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan spesies baru kepiting tiga warna yang ditemukan di Gunung Kelam, Kalimantan Barat (Kalbar).

Temuan tersebut dilakukan Peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi BRIN Daisy Wowor bersama tim dari National University of Singapore dan dirilis dalam jurnal Zootaxa Nomor 5397 Volume 2 tanggal 4 Januari 2024. Spesies kepiting itu diberi Lepidothelphusa menneri, dengan punggung yang licin dan tiga warna yang kontras di tubunya.

Bagian kepala dan mata berwarna kuning cerah hingga oranye, bagian tengahnya berwarna coklat tua hingga hitam keunguan, dan sisa sepertiga bagian posteriornya berwarna pucat hingga biru cerah. Keunikan lain spesies kepiting ini dapat dilihat dari bentuk kedua capitnya yang besar sebelah.

Capit kanannya lebih kecil dari yang kiri. Capit kiri yang lebih kecil bukan karena pernah terpotong lalu tumbuh lagi, melainkan memang ciri morfologinya yang khas.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Danur Lambang Pristiandaru

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Agung Setiawan

Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik:Happy Mistake - RKVC

#Kepiting3Warna #Kalbar #JernihkanHarapan

Artikel Terkait:

https://lestari.kompas.com/read/2024/03/14/140000786/spesies-baru-kepiting-3-warna-ditemukan-di-kalbar-jadi-incaran-kolektor.

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke