Aturan Baru, Nama di KTP Tak Boleh Hanya Satu Kata

23 Mei 2022, 12:54 WIB

Menteri dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menandatangani kebijakan baru terkait pencatatan nama di sejumlah dokumen kependudukan. Melalui aturan ini penulisan nama pada Kartu Keluarga (KK) hingga KTP tidak boleh disingkat. Jumlah kata dalam nama juga minimal dua kata. Hal ini termuat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama Pada Dokumen Kependudukan.

Kebijakan yang terdiri dari 9 pasal ini ditetapkan pada 11 April 2022 dan telah diundangkan pada 21 April 2022 oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham) Benny Riyanto. Tak hanya itu pencatatan nama pada dokumen kependudukan juga tidak boleh menggunakan angka dan tanda baca. Gelar pendidikan dan keagamaan pun juga tak boleh dicantumkan pada akta pencatatan sipil.

Selengkapnya simak video berikut.

Video Jurnalis : KompasTV/ Gilang Tri Wibisono, Imam Iswanto, Nur Khalis
Penulis Naskah: Novyana Nurmita Dewi
Narator : Novyana Nurmita Dewi
Video Editor: Armitha Sathi Devi
Produser: Yusuf Reza Permadi

#KK #PenulisanNama #KTP #JernihkanHarapan

Video Terkait
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Video Terkini
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.