Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Bakal Gelar Rapat untuk Hadapi Sengketa Pemilu di MK

24 Maret 2024, 18:55 WIB

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, mengatakan bahwa nanti malam akan dilakukan rapat koordinasi untuk menghadapi sengketa hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Yang kemarin sudah (selesai), penetapan hasil pemilu, dalam arti penetapan perolehan suara. Jadi masih disengketakan ke mahkamah konstitusi," kata Hasyim usai melantik komisioner terpilih KPU daerah, Minggu (24/3/2024).

"Nanti malam sekitar jam 20.30 WIB bakda tarawih, ketua dan anggota divisi hukum itu kita kumpulkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi perselisihan hasil pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi," lanjutnya.

Sebagai informasi, sejauh ini pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah mendaftarkan gugatan sengketa mereka ke MK melalui tim hukum masing-masing.

Anies-Muhaimin mendaftar pada hari pertama pendaftaran gugatan sengketa, yakni pada Kamis (21/3/2024). Sementara itu, Ganjar-Mahfud mendaftarkan gugatan sengketa/perselisihan hasil pemilu (PHPU) pada Sabtu (23/3/2024).

Kedua paslon tersebut meminta agar pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, didiskualifikasi.

Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut.

Video Jurnalis: Talitha Yumnaa 

Penulis Naskah: Talitha Yumnaa

Video Editor: Talitha Yumnaa 

Produser: Ervan Yudhi Tri Atmoko


#SengketaHasilPemilu2024 #MahkamahKonstitusi #PrabowoGibran #AMIN #GanjarMahfud #Pilpres2024 #JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke