Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggihnya Robot AI Pemantau Bunga Tulip di Belanda Seharga Rp 3 Miliar

21 Maret 2024, 13:42 WIB

Di tengah luasnya ladang tulip Belanda yang mekar dengan warna-warni pada musim semi, sebuah inovasi terbaru telah muncul dalam bentuk sebuah robot AI berteknologi tinggi. Robot ini memiliki fungsi untuk mengecek dan merawat tanaman tulip, sering kali menemukan tanaman yang terinfeksi virus yang dapat mengakibatkan bunga menjadi kecil dan lemah.

Para petani tulip sangat terbantu dengan kehadiran robot AI ini, yang bekerja tanpa henti setiap hari tanpa adanya istirahat. Meskipun robot ini memiliki teknologi yang sangat canggih, namun para petani harus merogoh koceknya yang besar untuk memilikinya.

Perakitan ini berhasil mencampurkan ilmu petani tulip dengan teknologi masa kini, sehingga tidak terjadi masalah pada mesin maupun cara kerjanya. Erik de Jong, Direktur H2L Robotics, menjelaskan bahwa inti dari mesin ini adalah pengetahuan yang mereka masukkan ke dalam model AI, yang berasal dari para petani tulip. Hal ini memungkinkan robot untuk melakukan pekerjaannya dengan sangat tepat dan efisien.

Simak selengkapnya dalam video berikut!

Penulis Naskah: Muhammad Daffa Satrio

Narator: Muhammad Daffa Satrio

Video Editor: Wildan Yudisitira

Produser: Sherly Puspita

#RobotAI #BungaTulip #KecanggihanAI #JernihkanHarapan

Music: Woodshedder - Quincas Moreira

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke