Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Amin Tantang KPU Buka Data Sirekap, Maaf Tak Menyelesaikan Masalah

17 Februari 2024, 13:15 WIB

Dewan Pakar Timnas Anies-Muhaimin, Bambang Widjojanto mengaku tak percaya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertanggung jawab atas penghitungan suara Pemilu 2024.

Sebab, menurut Bambang, pihaknya tidak pernah mendapatkan informasi apakah sudah ada perbaikan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) KPU hingga saat ini.

"Jadi, mau percaya dengan kelakuan KPU seperti itu? Kalau saya sih enggak. Nah, sekarang muncul seperti ini dengan sangat mudah dia (KPU) mengatakan minta maaf, terus kalau minta maaf selesai gitu masalah? Enggak kan," kata Bambang saat konferensi pers terkait kecurangan Pemilu 2024, Jumat (16/2/2024).

Bambang pun meminta KPU membuka diri dengan memberikan ruang bagi tim Information and Technology (IT) dari tiap masing-masing paslon untuk masuk dalam proses penghitungan suara melalui Sirekap.

Sebelumnya, KPU mengakui terjadi sejumlah kekeliruan konversi hasil penghitungan suara di TPS ke dalam Sirekap.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa KPU belum memeriksa detail selisih suara yang diperoleh masing-masing capres-cawapres antara yang terkonversi di Sirekap dengan suara aslinya di formulir C-Hasil plano di TPS.

Menurutnya, dari 2.325 TPS yang terjadi kesalahan, kekeliruan konversi suara tidak cuma terjadi untuk pemilu presiden (pilpres), melainkan juga pemilu legislatif (pileg).

Kesalahan-kesalahan itu disebut akan dikoreksi oleh KPU.

Simak selengkapnya dalam video berikut ini!

Video Jurnalis: Claudia Aviolola
Penulis Naskah: Claudia Aviolola
Produser: Mochamad Sadheli
Video Editor: Claudia Aviolola

Musik: Metro-Yung Logos

#TimnasAmin #AniesMuhaimin #Pemilu2024 #KecuranganPemilu #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke