Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahfud MD Usul Penggantian Nama KPK, Begini Respons Nawawi Pamolango

16 Januari 2024, 22:01 WIB

Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pamolango merespons pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD yang mengusulkan gagasan penggantian nama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tujuan memperkuat citra sebagai lembaga penegak hukum. 


"Mengenai pernyataan-pernyataan yang mau mengganti nama KPK, upaya mengembalikan lagi UU KPK 32 2002, sah-sah saja bagi mereka untuk menyampaikan itu," kata Nawawi saat konferensi pers kinerja KPK 2023 dan Arah Kebijakan 2024 di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (16/1/2024). 


"Cuma, untuk Prof Mahfud alangkah lebih baik pada waktu itu diucapkan ketika beliau belum cawapres, gitu," lanjutnya. 


Sebelumnya, Mahfud menganggap, kata "komisi" pada KPK terkesan kurang menguatkan citra sebagai lembaga penegak hukum yang tugas utamanya menghadapi korupsi.


"Mungkin namanya seperti diusulkan bisa menjadi badan atau lembaga, atau apa gitu. Jangan komisi, karena komisi itu biasanya dianggap jangka pendek. Meskipun tergantung pada maksud pembuatnya ya," kata Mahfud MD di sela-sela kunjungannya ke Sumatera Utara, Medan, Senin (15/1/2024), dikutip dari kanal YouTube Kompas TV. 


Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut. 


Video Jurnalis: Talitha Yumnaa 

Penulis Naskah: Talitha Yumnaa

Video Editor: Talitha Yumnaa 

Produser: Bagus Santosa 


#JernihkanHarapan 

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke