Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahmoud Darwish, Penyair Palestina yang Jatuh Cinta Pada Gadis Israel

8 Januari 2024, 07:43 WIB

Nama Mahmoud Darwish tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Ia merupakan seorang penyair terkemuka keturunan Arab berkewarganegaraan Palestina.

Pria bernama lengkap Mahmoud Salim Darwish tersebut, lahir di Desa al-Birwa, Galilea, Palestina Utara pada 13 Maret 1941. Ia adalah anak kedua dari pasangan Salim dan Houreyyah Darwish. Sejak kecil, ia dan keluarganya sudah menghadapi kekejaman pasukan Israel.

Tepat pada 15 Mei 1948, saat Peristiwa Nakba terjadi, Israel yang dipimpin oleh PM Israel Ben Gurion menggusur desa al-Birwa yang kala itu ditetapkan sebagai wilayah negara Israel yang baru berdiri.

Sehingga, Darwish dan keluarganya terpaksa harus meninggalkan tanah airnya dan berlindung ke Lebanon sebagai orang buangan. Ia bahkan juga dilarang kembali ke negaranya selama 2 tahun.  

Semasa masih aktif sebagai penyair, Mahmoud Darwish membuat sebuah puisi berjudul "Rita And The Rifle" yang menggambarkan kisah cinta dengan sosok wanita Israel bernama Tamar Ben Ami. Sayangnya, Mahmoud mengisahkan dalam puisinya bahwa sosok Rita memutuskan hubungan mereka dan bergabung dengan militer Israel.


Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Host: Anggie Puspariana
Videografer: Agung Setiawan
Video Editor: Agung Setiawan
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik:
Aletheia (Unforgetting) - Devon Church
Emotional Love Theme - Biz Baz Studio
We'll Meet Again - Jeremy Blake

#MahmoudDarwis #Palestina  #jadiginiceritanya #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke