Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Retak akibat Gempa Sumedang, Pengelola Pastikan Aman Dilalui

1 Januari 2024, 16:55 WIB

Terowongan kembar di Tol Cisumdawu mengalami keretakan akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (31/12/2023) malam.

Kondisi tersebut telah dikonfirmasi oleh Direktur Teknik dan Operasi PT CKJT, Bagus Medi Suarso. Bagus menyebut keretakan itu sebagai kerusakan kecil dan akan diperbaiki dengan cepat.

Tim ahli dari Bina Marga juga memastikan Tol Cisumdawu aman dilalui. Sebelumnya, Kabupaten Sumedang diguncang gempa berkekuatan magnitudo 4,8. Gempa di Sumedang itu mengakibatkan tiga orang terluka dan merusak ratusan rumah.

Berdasarkan perkembangan terbaru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menemukan tidak ada retakan pada permukaan beton dinding terowongan Tol Cisumdawu setelah terjadi gempa Sumedang pada Minggu (31/12/2023).

Hal ini berdasarkan hasil inspeksi awal yang dilakukan Kementerian PUPR melalui tim Ditjen Bina Marga bersama Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Salah satu bagian penting yang diperiksa pada terowongan pasca gempa adalah bagian portal terowongan yang diduga terdampak beban gempa.

Simak selengkapnya dalam video berikut.


Video Jurnalis: Kontributor Sumedang, Aam Aminullah
Penulis Naskah: Muhammad Dava Arrifa
Narator: Muhammad Dava Arrifa
Video Editor: Menika Ambar Sari
Produser: Dandy Bayu Bramastha

Musik: Inescapable - Ugonna Onyekwe

#GempaSumedang #JernihkanHarapan #terowonganCisumdawu #dampakGempaSumedang #TolCisumdawu #Sumedang

Artikel terkait: https://regional.kompas.com/read/2024/01/01/125616878/terowongan-kembar-tol-cisumdawu-retak-akibat-gempa-sumedang-ckjt-pastikan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke