Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[NGOBROL BOSS] James Chang, Lika-Liku Merintis Lazada & Visi untuk Industri E-Commerce Indonesia

29 Desember 2023, 15:01 WIB

#NgobrolBoss #JamesChang #Lazada #Bisnis #Inspiring #JernihMelihatDunia


Lebih dari satu dekade Lazada hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada tahun 2012, Lazada beroperasi di pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Di saat E-Commerce masih asing di belahan dunia, negara berkembang tersebut justru menjadi incaran awal Lazada. Bukan negara maju yang mapan dari segi teknologi.




James Chang, sudah menjadi bagian dari Lazada bahkan sebelum perusahaan rintisan tersebut belum memiliki nama. James melihat betul bagaimana proses adaptasi masyarakat terjadi. James juga pernah turun ke jalan, mendatangi warung dan toko satu per satu untuk menawarkan pedagang melapak di Lazada, sekaligus memberikan edukasi terkait E-Commerce. James dan perintis Lazada lainnya bekerja keras untuk mengedukasi pelanggan dan konsumen terkait sistem transaksi, hingga sistem pengiriman.




Untuk mempermudah sistem transaksi, Lazada mencetuskan sistem COD (Cash on Delivery). Permasalahan bisa diselesaikan satu per satu, namun kini industri E-Commerce semakin berkembang, Lazada tidak hanya berkompetisi dengan kompetitor tapi juga bergelut dengan perkembangan teknologi. Menurut James, adaptasi teknologi terbaru, hingga memilih model bisnis yang tepat merupakan kuncinya. Kini James Chang dipercaya untuk memimpin Lazada Indonesia. Apa saja visi James Chang? Tonton selengkapnya di Ngobrol Boss!

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke