Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tungku Smelter PT ITSS Morowali Meledak, Puluhan Pekerja Jadi Korban

24 Desember 2023, 16:32 WIB

Tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel atau ITSS di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, dilaporkan meledak pada Minggu (24/12/2023).

Rekaman video dari lokasi kejadian menunjukkan smelter PT ITSS dilalap api yang membesar. Sejumlah pekerja pun terpaksa melompat dari ketinggian untuk menyelamatkan diri.

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Agus Nugroho mengatakan, peristiwa ini terjadi pada saat 35 pekerja melakukan perbaikan salah satu tungku pembakaran di sana. Saat perbaikan tersebut, terjadi ledakan dan tabung oksigen di sekitar area tersebut ikut meledak hingga terjadi kebakaran.

Agus mengatakan, atas peristiwa itu korban mencapai 35 orang, 13 di antaranya meninggal dunia yang terdiri dari lima orang tenaga kerja asing dan 8 orang tenaga kerja Indonesia. Sementara itu, 22 orang lainnya mengalami luka.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Media Relations Head PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Dedy Kurniawan, peristiwa ini diperkirakan terjadi saat dilakukan perbaikan tungku dan mengenai cairan pemicu ledakan. Akibatnya terjadi ledakan dan memicu ledakan beberapa tabung oksigen yang ada di sekitar area tersebut.

Akibat peristiwa ini, jumlah korban terdiri dari 51 orang. Sebanyak 12 orang menjadi korban jiwa, yang terdiri dari tujuh tenaga kerja Indonesia dan 5 tenaga kerja asing. Sementara itu, 38 orang lainnya menjadi korban luka-luka dan sudah mendapatkan penanganan medis.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis Naskah: Anggie Puspariana

Narator: Anggie Puspariana

Video Editor: Anggie Puspariana

Produser: Bagus Santosa

Musik: Savfk - Deep [Epic]

#TungkuSmelterMeledak #PTITSS #Morowali #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke