Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PDI-P: Ada Parpol yang Lebih Banyak Baliho daripada Pengurusnya

15 Desember 2023, 21:08 WIB

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto menyinggung adanya partai politik (parpol) yang banyak memasang baliho di seluruh Indonesia. 


Hal ini Hasto sampaikan saat menanggapi temuan data peningkatan transaksi mencurigakan terkait Pemiilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 


Menurut Hasto, perlu ada komite khusus yang memantau adanya pengeluaran yang dilakukan oleh Partai Politik seperti Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) yang didirikan Nurcholis Madjid. 


"Sekarang ada partai yang tanpa diketahui darimana tiba-tiba bisa memasang balihonya di seluruh nusantara, balihonya itu lebih banyak daripada jumlah-jumlah pengurusnya," kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023). 


"Ini harus ada yang menghitung berapa (jumlah) balihonya, apakah partai-partai itu melaporkan berapa biaya pemasangan baliho? Berapa jumlah baliho yang dipasang?" lanjutnya. 


Lebih lanjut Hasto menilai, komite pengawas independen sangat diperlukan untuk menjaga keadilan dan mendorong peningkatan kualitas demokrasi Indonesia. 


Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut. 


Penulis: Irfan Kamil 

Video Jurnalis: Talitha Yumnaa 

Penulis Naskah: Talitha Yumnaa

Video Editor: Talitha Yumnaa 

Produser: Okky Mahdi Yasser 


#JernihkanHarapan #PDIP #HastoKristiyanto 

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke