Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amnesty International Minta KPU Bahas Isu Perlindungan HAM di Debat Pilpres, Ini Poinnya

6 Desember 2023, 15:15 WIB

Amnesty International Indonesia menyerahkan petisi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait usulan pembahasan dalam debat capres-cawapres yang diselenggarakan mulai 12 Desember 2023.


Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid mengatakan, ada tiga usulan terkait dengan hak asasi manusia (HAM) yang harus ditanyakan kepada capres-cawapres.


Pertama, perlindungan kebebasan ekspresi. Usman menilai, kondisi kebebasan ekspresi di Indonesia sudah sangat genting untuk dibahas.


Salah satunya, kata Usman, terkait dengan dugaan intimidasi yang baru-baru ini dirasakan oleh seniman Indonesia, Butet Kartaredjasa dan Agus Noor yang harus menandatangani komitmen agar pertunjukannya harus bebas dari unsur politik.


Kedua, akuntabilitas aparat keamanan. Usman mengatakan, aparat keamanan dalam bertugas tidak boleh menggunakan kekuatan yang berlebihan dan kekerasan yang tidak perlu.


Ketiga, penyelesaian pelanggaran HAM berat di masa lalu. Hal itu disampaikan Usman usai menemui anggota KPU untuk menyuarakan usulan pihaknya dalam debat Pilpres 2024 di Gedung KPU, Jakarta Pusat pada Rabu (6/12/2023).


Simak selengkapnya dalam video berikut ini.


Video Jurnalis: Claudia Aviolola

Penulis Naskah: Claudia Aviolola

Produser: Bagus Santosa

Video Editor: Claudia Aviolola

Musik: Beyond-Patrick Patrikios


#UsmanHamid #KPU #DebatPilpres #Pemilu2024 #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke